Selasa, September 03, 2019

Materi ASJ (Administrasi Sistem Jaringan) Kelas XII

Administrasi Sistem Jaringan 

Pokok-Pokok Materi:
________________ Kelas XI
a. Sistem Operasi Jaringan 
b. DHCP Server 
c. FTP Server 
d. Remove Server 
e. File Server 
f. Web Server 
g. DNS Server 
h. Database Server 
i. Mail Server 
_______________ Kelas XII
j. Control Panel Hosting 
k. Share Hosting Server 
l. Vitual Private Server 
m. Dedicated Hosting Server  
n. VPN Server 
o. Sistem Kontrol dan Monitoring 
p. Sistem Keamanan Jaringan















Uraian Materi :


Kelas XII:

I. Control Panel Hosting 

http://ppg.spada.ristekdikti.go.id/master/mod/resource/view.php?id=4544


Kontrol panel hosting menyediakan solusi elegan sebagai host dari beberapa situs website yang berjalan pada Share hosting, VPS (Virtual Private Server) dan Dedicated Server. Kontrol panel hosting semacam ini menawarkan kemudahan untuk mengelola perangkat lunak berbasis web untuk menyederhanakan proses penanganan server, tanpa perlu memiliki pengetahuan akan server administration. Kontrol panel yang paling populer saat ini dan kuat brandingnya adalah cPanel dan Plesk. Kedua kontrol panel ini merupakan aplikasi berbayar yang dibayar setiap bulan bagi sebuah provider hosting untuk di install dalam servernya. Namun untungnya, ada beberapa kontrol panel alternatif yang bersifat open source yang tersedia untuk di download secara gratis dengan fitur hampir sama dengan yang berbayar;

  • Cpanel
  • Plesk
  • ISPConfig
  • Kloxo
  • Zpanel
  • Webmin
  • EHCP
  • DTC
  • Interworx
  • Ajenti

J. Share Hosting Server 


Hosting adalah tempat atau jasa internet untuk membuat halaman website yang telah anda buat menjadi online dan bisa diakses oleh orang lain. Sedangkan Hosting Itu Sendiri Adalah : jasa layanan internet yang menyediakan sumber daya server-server untuk disewakan sehingga memungkinkan organisasi atau individu menempatkan informasi di internet berupa HTTP, FTP, EMAIL atau DNS.
Beberapa jenis layanan hosting, yaitu;
  1. Shared Hosting adalah menggunakan server hosting bersama sama dengan pengguna lain satu server dipergunakan oleh lebih dari satu nama domain. Artinya dalam satu server tersebut terdapat beberapa account yang dibedakan antara account satu dan lainnya dengan username dan password.
  2. VPS, Virtual Private Server, atau juga dikenal sebagai Virtual Dedicated Server merupakan proses virtualisasi dari lingkungan software sistem operasi yang dipergunakan oleh server. Karena lingkungan ini merupakan lingkungan virtual, hal tersebut memungkinkan untuk menginstall sistem operasi yang dapat berjalan diatas sistem operasi lain.
  3. Dedicated Server adalah penggunaan server yang dikhususkan untuk aplikasi yang lebih besar dan tidak bisa dioperasikan dalam shared hosting atau virtualdedicated server. Dalam hal ini, penyediaan server ditanggung oleh perusahaan hosting yang biasanya bekerja sama dengan vendor.
  4. Colocation Server adalah layanan penyewaan tempat untuk meletakkan server yang dipergunakan untuk hosting. Server disediakan oleh pelanggan yang biasanya bekerja sama dengan vendor.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar